Asuhan Keperawatan pada Kelompok Khusus Anak Usia Sekolah dengan Masalah Gigi: Upaya Meningkatkan Pengetahuan Menggosok Gigi yang Baik dan Benar melalui Metode Storytelling di SD Al-Fatah Ambon
DOI:
https://doi.org/10.12345/1dyrr245Keywords:
asuhan keperawatan kelompok khusus, peningkatan pengetahuan, menggosok gigi, metode story tellingAbstract
Latar belakang : Anak usia sekolah adalah anak yang memiliki rentang usia 6-12 tahun, merupakan masa yang menentukan terjadinya pertumbuhan dan pekembangan yang baik. Tujuan : Diharapkan mampu Meningkatkan Pengetahuan Tentang Cara Menggsok Gigi Yang Baik Dan Benar Dengan Metode Story Telling. Metode Penelitian : jenis penelitian deskriptif yang berfokus pada masalah aktual/potensial dari pengumpulan data yang berbentuk studi kasus dalam bentuk proses keperawatan yaitu pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi. Hasil: didapatkan peningkatan pengetahuan hasil kuesioner pre-test 50% dengan kategori tingkat pengetahuan kurang menjadi hasil post-tes 80% Kesimpulan: Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa munculnya masalah kesehatan pada kelompok khusus anak usia sekolah di sebapkan oleh kurangnya pengetahuan dan informasi untuk berpirlaku hidup sehat. Saran: diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan pengembangan asuhan keperawatan kelompok khusus dengan masalah gigi pada anak usia sekolah dalam upaya meningkatkan pengetahuan tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar dengan metode story telling